Tuesday, March 10, 2015

KERITIK SINGKONG

Celoteh kali ini dimulai dari kisah sewaktu gw saat masih berseragam sekolah. Ceritanya saat itu sedang pelajaran pancasila dan kewarga negaraan. Pelajaran yang kebetulan jg merupakan bidang studi yang nyokap gw ajarkan. Tentunya cerita kali ini harus gw rekonstruksi demi mendukung tersampaikannya opini gw. lha namanya jg blog gw..ya opini gw dong hehehehe

Sang guru bertanya, "Keadilan itu apa harus sama rata?"
Para murid menjawab sambil terkantuk-kantuk' "tidaaakkkkk!!"

"Betul..seratus buat kalian" lanjut sang guru.

Kemudian gw yang masih polos tapi ganteng ini bertanya "Trus pak, kalo misalnya ada pejabat korupsi, dihukum penjara 2 tahun..padahal di sisi lain rakyat kere yang makan aja jarang di penjara 5 tahun gara-gara nyolong pepaya...apakah adil?"

Sang guru tersenyum.."Beda nak...2 tahun buat pejabat itu berat banget dibandingkan 5 tahun buat rakyat jelata." "2 tahun itu menghancurkan segalanya buat sang pejabat." "pejabat dapat hukuman sosial"

dannn...saya cuma terdiam...ga nyangka jawaban itu yang keluar...
yaaapp gw setuju...2 tahun bagi si pejabat bisa menghancurkan segalanya..nama baik, keluarga, anak istri...tp emangnya si rakyat kecil 5 tahun di penjara ga menghancurkan segalanya jg..5 tahun bisa terjadi banyak hal buat dia...rumah reyotnya rubuh? anaknya hilang diculik orang? istrinya dinikahin datuk maringgih? ayam-ayamnya yang merupakan harta warisan ortu diculik begal ayam? atau malah bisa jadi lebih parah...si rakyat kecil dah ga punya apa-apa lagi untuk dihancurkan??

logika simple gw saat itu adalah gini, pejabat digaji tinggi, dikasih fasilitas enak, trus masih korupsi...ehh masih di kasi dispensasi hukuman. Enak banget!! seharusnya kebalik dong..lo dapet gaji tinggi, pangkat, tunjangan dkk...seharusnya dapet hukuman lebih parah..

Trus..nanti kalo ga ada yang mau jadi pejabat gimana? Preeeettt!!! ga mungkin...mana ada yang ga mau jadi pejabat...itu orang-orang aja pada berebutan nyari jabatan...Siapa sih yang ga tau tiap tahun siapapun presidennya pasti di demo..dihina-hina..jarang dapet pujian.. tapi toh tetep aja tiap pemilu semua mau jadi presiden. dari nenek-nenek yang cuma berbekal nama bokap sampe pengacara sarap aja mau maju.

dan sampe sekarang gw menyesal kenapa nggak mengungkapkan hal itu ke sang guru....gw cuma terdiam...dan memilih tetap menghormati sang guru sebagai pengajar..salah gw adalah terlalu sungkan sebagai murid untuk mengkritik sang guru..

padahal bisa jadi saat itu sang guru cuma butuh sedikit diingatkan...biar kedepannya ga ada anak lain yang kecewa sama sang guru...toh khilaf dalam beropini itu wajar..sama seperti saya yang bisa saja salah dalam mengungkapkan pendapat ini..

No comments:

Post a Comment